Baru delapan hari dirilis ke bioskop, film horor Pengabdi Setan garapan sutradara Joko Anwar berhasil menembus satu juta penonton. Selain itu, film ini juga mendapatkan 13 nominasi Festival Film Indonesia 2017.

Film ini berhasil masuk nominasi untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Adaptasi Terbaik, Pengarah Sinematografi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Busana Terbaik, dan Penata Rias Terbaik. Selain itu juga Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, dan Penata Efek Visual Terbaik.

Pengabdi Setan menjadi salah satu film dengan nominasi terbanyak di FFI 2017 bersama film Kartini garapan sutradara Hanung Bramantyo. Tapi film Kartini masih lebih unggul dengan 14 nominasi.

pengabdi setan

Film Pengabdi Setan merupakan proyek reboot impian Joko Anwar. Film horor legendaris ini sangat populer ketika dirilis Rapi Films pada 1982.

Cerita berkisar tentang sebuah keluarga yang ditimpa musibah ketika karakter ibu meninggal dunia setelah sakit aneh selama 3 tahun. Bapak lalu memutuskan untuk kerja di luar kota meninggalkan anak-anak. 

Tak lama kemudian, anak-anak merasa bahwa Ibu kembali berada di rumah. Situasi semakin menyeramkan ketika mereka mengetahui bahwa Ibu datang lagi tidak sekedar untuk menjenguk, tapi untuk menjemput mereka.